Senin, November 10, 2008

Welcome to Banjarmasin

Meski terbilang tidak terlalu luas, sebagai ibukota Propinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang pernah berkunjung kesini. kendati akses jalan darat bisa ditempuh, denyut kehidupan sebagai kota air terasa sangat "hidup". Dengan dikelilingi sungai tak mengherankan membuat Kota Banjarmasin mendapat julukan sebagai Kota Seribu sungai.

Teman2 dapat menyaksikan bagaimana geliat kehidupan masyarakat di atas air. Kota yang dibelah Sungai Martapura dan berada di Delta Sungai Barito, seluas mata memandang selalu dapat ditemukan sungai dengan segala aktivitas masyarakatnya. Sungai bagi masyarakat Banjarmasin menjadi sarana utama baik untuk menjalani rutinitas hari-hari, seperti alat transportasi bahkan sebagi tempat tinggal.
Kota Banjarmasin dibelah oleh Sungai Martapura dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa, sehingga berpengaruh kepada drainase kota dan memberikan ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakat, terutama pemanfaatan sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air, pariwisata, perikanan dan perdagangan.

Tidak ada komentar: